(My) Best 10 Classic Rock Ballad

OK sebelum kita mulai jangan anggap ini terlalu serius karena susunan ini saya buat sendiri dan karena saya senang membuat hal-hal (tidak penting) seperti ini. Tujuannya adalah hanya untuk bernostalgia karena lagu-lagu ini mungkin juga pernah jadi bagian dari kisah masa lalu Anda.

Steelheart - She's Gone
Jujur saya tidak terlalu suka lagu ini karena saya lebih suka lagu dari Steelheart yang lain berjudul Angel Eyes. Tapi lagu ini memang sangat dikenal dimasanya dan sepertinya sempat menjadi lagu tema bagi para lelaki yang sedang patah hati.







Skid Row - I Remeber You

Saya sempat menemukan dibeberapa artikel bahwa ternyata banyak dari rocker-rocker masa kini yang ingin memiliki suara seperti Sebastian Bach. Candil dari Seurieus sepertinya harus bersyukur karena memiliki suara yang setipe dan Matt Shadow masih harus bekerja keras. Di lagu ini suara Sebastian Bach selain lembut tapi juga lantang dan melengking entah sampai menyentuh oktaf keberapa. Sekedar curhat, saya juga sangat ingin punya suara seperti Sebastian Bach ;P







Bad English - When I See You Smile
Alasan saya memasukan lagu ini dalam daftar adalah karena selain lagu ini juga termasuk sangat terkenal, liriknya cukup simple dengan menuturkan ungkapan perasaan yang biasa terjadi pada kebanyakan orang.







Motley Crue - Home Sweet Home

Nada yang bagus, mudah untuk diingat dan cathcy untuk dinyanyikan. Saya selalu merasa begitu 80's rock kalau mendengarkan lagu ini hehe..versinya yang dinyanyikan oleh vokalis Linkin Park, Chester Bennington sebagai tribute untuk korban badai Katrina membuat Home Sweet Home begitu menyentuh.







Damn Yankees - High Enough
Band ini sempat jadi salah satu favorit saya dulu dan saya sama sekali nggak sadar kalau lagu mereka yang satu ini cukup terkenal dan saya sempat terheran-heran waktu mendengar High Enough di putar dimana-mana. Sekedar info band ini memiliki line up all stars yaitu Ted Nugent, Tommy Shaw dari STYX, Jack Blades dari Night Ranger dan Michaelle Cartellone, drummer Lynyrd Skynyrd.






Firehouse - When I Look Into Your Eyes
Kelebihan dari lagu ini adalah selalu diputar di acara-acara classic/slow rock di radio-radio dan lucunya saya selalu menemukan lagu ini ada di deretan koleksi MP3 orang-orang.Jadi tidak heran kalau saya ingin memasukannya disini selain karena saya lebih menyukai hits ini ketimbang hits-hits Firehouse lainnya terkecuali You Are My Religion



Scorpions - Wind of Change
Band ini masuk ke dalam daftar pioner power metal bersama-sama dengan Dio. Lagu ini ini begitu terkenal dimasanya bahkan setelah lewat beberapa tahun pun Wind of Change masih berkumandang. Poin tambahan adalah pesan kemanusiaan yang tersirat dalam lagu ini. Itulah kenapa saya memasukan lagu band asal Jerman ini disini.






Extreme - More Than Words

Gary Cherone dan Nuno Bettencourt adalah pasangan gay ? saya sendiri juga tidak tahu apakah isu ini benar atau tidak. Sudahlah, kita tidak akan membicarakana hal itu disini. Ada 12 cover version dari More Than Words diantaranya sukses dibawakan kembali oleh Westlife, Frankie J dan Rubben Studdard. Ngomong 'cinta' itu mudah, tapi cinta lebih dari sekedar kata.






Bon Jovi - Never Say Goodbye

Bukan karena saya belajar musik rock karena band asal New Jersey ini, tapi Never Say Goodbye mungkin bisa dibilang salah satu lagu Bon Jovi yang sangat dikenal selain hits nya yang sederet itu. Kekuatan lagu ini adalah lirik refrain nya yang juga merupakan judul dari lagu itu sendiri. Tema yang sangat pas untuk sebuah persahabatan atau seperti biasanya, percintaan.






Nazareth - Love Hurts

Lagu The Everly Brothers yang di cover oleh Nazareth. Waktu pertama kali mendengar lagu ini, saya tidak tahu bahwa ini adalah salah satu mega hits dan hanya kalangan tertentu saja yang mengetahuinya. Lagunya singkat, liriknya sederhana seperti mendefinisikan cinta dengan sudut pandang yang sangat naif. Saya iseng menghitungnya dan sudah 40 artis yang mengcover lagu ini termasuk di dalamnya Cher, The Who, Joan Jett, Sinéad O'Connor, Rod Stewart, Jason Donovan. Terakhir saya mendengar lagu ini dinyanyikan kembali oleh Nan Vernon untuk soundtrack film arahan sutradara sekaligus musisi metal Rob Zombie, Halloween II.






Itu adalah beberapa lagu-lagu terbaik -sekali lagi- versi saya yang bisa saya kumpulkan dan saya ingat. Tentu saja masih banyak lagi lagu slow rock yang bagus dan terbaik menurut Anda. Ada kotak yang disediakan untuk berkomentar, silahkan isi sendiri ;)

5 komentar:

nah begitu caranya.. jadi eijk bisa komen, haha.

Jon Bon Jovi rocks xD

 

hahaha...gw lupa, November Rain itu harusnya masuk nih..hehe...

 

iyah... gnr kok ga ada blas yah? afterall, saya mah agree bgt ma pilihan laenna. =)

 

iya gw kelupaan tuh padahal udah inget sebelumnya huehehe...

 

saya lebih suka sebastian bach (skid row), suara melengking ditambah serek sereknya itu lho yg bikin merinding.

 

Posting Komentar