(My) Best 10 Classic Rock Song

Sweet Child O' Mine - Guns N' Roses
Ada alasan tersendiri memang kenapa saya menempatkan lagu ini paling atas. Tidak berlebihan kan kalau saya bilang siapa yang tidak mengenal lagu ini. Mulai dari penggemar musik rock sampai yang tidak menyukai musik rock minimal familiar dengan sweet child o' mine dan mungkin menjadi salah satu lagu Guns N' Roses yang paling diingat oleh orang-orang.





Don't Go Away Mad - Motley Crue (Just Go Away)
Lagu Motley Crue pertama yang saya kenal. Jadi kenangan saya dengan lagu ini cukup dalam haha...Pertama kali saya mendengarnya di sebuah radio rock di Bandung, pasti ada yang tahu minimal ngeh dengan radio GMR. Saya mendengar Don't Go Away Mad di pagi hari dan lantunan lagunya yang sama semi mellow dan lengkingan khas Vince Neil seolah-olah menmpel di kepala saya dan dengan terkagum-kagum, "Jadi, inilah Motley Cure yang ternama itu". sayang saya tidak bisa mendapatkan klip aslinya karena di youtube klip ini embedding disabled by request silahkan dilihat di Motley Crue - Don't Go Away Mad (Just Go Away)






Green Tinted Sixties Mind - Mr.Big
Tidak ada alasan spesifik kenapa saya suka lagu ini selain karena bagus dan enak didengar. Tapi saya punya sedikit cerita tentang lagu ini.
Saya adalah salah satu pengurus OSIS waktu masih SMA dulu. Satu kali, pensi tahunan sekolah saya pun akan digelar dan kami membuka audisi bagi band yang ingin tampil disana. Seorang alumni yang saya kenal dan juga kebetulan karena pacarnya adalah teman saya sesama anak OSIS ingin mengikuti audisi tapi dia belum memiliki nama untuk bandnya. Dan karena celetukan seorang adik kelas, saya pun memngusulkan nama Anonim yang langsung diterima oleh kakak kelas saya yang sebelumnya pernah bergabung dalam sebuah band lokal ternama tersebut.
Di hari audisi saya bertemu dengan Novik, kakak kelas saya tersebut dan mengenalkan saya pada personilnya dengan menyebut, "ini teman saya yang memberikan nama untuk band kita,". Coba tebak, hari itu adalah kali pertama Anonim bertemu. Bingung kan? Tapi memang benar seperti itu. Mereka ternyata belum latihan sama sekali dan belum tahu lagu apa yang akan mereka bawakan. Semuanya terjadi di hadapan saya, Novik bertanya pada para personilnya lagu apa yang akan mereka bawakan. Mereka sepakat untuk membawakan Green Tinted Sixties Mind dan segera melakukan briefing di tempat. Sang vokalis yang terlihat seperti Sammy Hagar hanya berkata, "Dari kunci D ya," dan Novik pun segera memainkan intronya. Hasilnya, saya menyaksikan sendiri ketika mereka berlaga di dalam studio, keren sekali. Di hari H band itu membawakan lagu-lagu dari Van Halen dengan sempurna samapi adik kelas saya dengan polosnya berkata pada saya, "aku kira tadi dari kaset."





Why can't this be love - Van Halen
Yang satu ini sedikit aneh memang. Saya pernah menganggap lagu ini tidak cocok di kuping saya alias lagu ini nggak enak hehehe...saya lebih suka Jump dan Panama. Saya juga selalu tertukar dengan lagu salah satu band legendaris ini yang bertitel when it's love. Sampai akhirnya seiring dengan waktu saya pun jadi menyukai lagu ini. Malahan, terkahir saya memutar lagu ini berulang-ulang adalah waktu saya ditolak oleh Double R kala itu hehe ;D. Waktu saya tengok ternyata video live-nya lebih cool dari pada official video klipnya. Sammy Hagar menyanyikan lagu ini sambil main gitar sementara Eddie cuman jadi pemalas cengengesan bermain kibor dengan celana ali babanya yang super norak itu \m/






Born To Be My baby - Bon Jovi
Setelah akhirnya mengenal sekian banyak lagu, saya lupa pada lagu ini. Jadi waktu teman saya seorang gitaris band punk berbahaya asal Bandung memutar lagu ini, saya agak tercengang dan seolah-olah ada sebagian dari saya yang menempuh perjalanan waktu dan kembali ke sebuah kamar dimana saya mendengarkan Born To be My Baby supaya semangat dipagi hari hehehe...






18 And Life - Skid Row
Waktu saya lagi memutar video lagu ini, rekan sekantor saya ada yang langsung menggoyangkan kepala. Ketahuanlah usia beliau berapa hahaha... Sama seperti lagu Van Halen, saya awalnya tidak begitu suka dengan lagu ini. Salah satu teman SMP saya lah yang sangat suka dengan lagu ini. Sementara saya pemuja Skid Row di album Slave To The Grind hehe...tapi ternyata harus diakui ini adalah salah satu lagu Skid Row yang banyak berkumandang dimana-mana.





Poison - Alice Cooper
Tidak terlalu banyak yang ingin saya ceritakan dari lagu ini selain Poison menjadi kata yang 'mengajarkan' saya pada musik rock kala itu. Dan waktu pertama kali mendengarkan lagu ini saya tidak tahu bahwa Alice Cooper begitu legendaris. Yang saya tahu adalah musiknya asik dan suaranya keren, itu saja tanpa embel-embel dia adalah salah satu orang yang bertanggung jawab dalam invasi heavy metal dimasanya.






Def Leppard - Hysteria
Lagunya semi ballad, tapi memiliki nuansa yang seolah-olah memberikan sebuah sensasi. Agak berlebihan memang, tapi jujur itu yang saya rasakan waktu mendengar lagu ini, seperti sihir yang membuai dan kebalikan dari judulnya. Itulah alasan kenapa saya menempatkan Hysteria disini.






Can I Play With Madness - Iron Maiden
Dimasanya, lagu ini terdengar begitu kencang dan gagah. Lagu ini juga lah yang membuat saya menjadi akrab dengan Iron Maiden. Pacar kakak saya, dia sangat menyukai band asal Inggris ini dan meminjamkan saya double album Iron Maiden, Live After Death.







Unskinny Bop - Poison

Ini adalah salah satu lagu yang membuat saya sangat menyukai musik rock. Saya mendapatkan lagu ini dari sebuah kaset kompilasi bernama mega hits. Lagu ini lah yang membawa saya pertama kali ber-air guitar, sedikit ber-headbang dan...bermimpi menjadi seorang rockstar.






Semua lagu diatas selalu mengingatkan saya pada masa-masa saya baru mengenal apa itu musik rock ataupun metal. Dan buat mereka yang menyukai genre musik yang satu ini pasti memiliki musik dan pengalaman mereka masing-masing ;)

2 komentar:

Kecewa, ga ada "I Love You" nya Saigon Kick

 

hehe kelewat, mustinya ada yg di slow rock tuh boz

 

Posting Komentar